Koran Parlemen
NASIONAL

Camat STL Ulu Terawas Menuai Kontroversi

Bagikan:

Koranparlemen.com | Musi Rawas – Terkait viralnya Salah satu kepala sekolah diangkat menjabat Camat. STL Ulu Terawas Muhammad Pahip, M.Pd.I.

Diketahui Muhammad Pahip selama ini menjabat kepala sekolah SMPN Trawas baru-baru ini menghadapi sorotan tajam dari masyarakat setelah dilantik menjadi Camat STL Ulu Terawas.

Keputusan ini memicu kritik karena dianggap tidak rasional oleh sebagian besar pihak. Pertanyaan pun muncul mengenai integritas Pahip, terutama karena jabatan sebelumnya sebagai kepala sekolah SMP tidak sejalan dengan posisi yang sekarang diemban.

Ketua Koalisi Trisula Angkat bicara Hamdan KSP didampingi Edison Huri selaku sekretaris Koalisi Trisula saat dikonfirmasi jumat 29 Maret 2024.

Dalam konteks pelayanan kepada masyarakat, diingatkan bahwa pejabat yang ditunjuk harus mampu mengimplementasikan Visi dan Misi dari Pemerintah Kabupaten.

Namun, hal ini hanya dapat dicapai jika didukung oleh para pejabat yang memiliki pengalaman yang memadai sesuai dalam bidangnya.

Kritik tersebut juga memperkuat pertanyaan terkait dengan kebijakan dan peraturan yang ada, seperti Surat Edaran Men.PAN Nomor :B/1440/M.PAN/7/2004 tentang Penjelasan Surat Edaran Men.PAN Nomor : SE/15/M.PAN/4/2004 yang menegaskan bahwa seorang guru hanya dapat dipindahkan ke jabatan lain dalam lingkup bidang keilmuan yang serumpun. Hal ini bertentangan dengan Surat Edaran Nomor : SE/15/M.PAN/4/2004 yang melarang pengalihan PNS dari jabatan guru ke jabatan non-guru.

Dengan demikian, penunjukan Muhammad Pahip sebagai Camat STL Ulu Terawas tidak hanya menciptakan kontroversi di tingkat lokal, tetapi juga menyoroti kebijakan pemerintah yang harus dipertimbangkan lebih lanjut untuk memastikan keterwakilan dan kualitas dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Tegas Hamdan Ksp.

Sementara itu Edison Huri menjelaskan bahwa posisi Camat tersebut sangat penting dan merupakan perpanjangan tangan
Bupati di suatu wilayah, sehingga haruslah fungsi manajerial yang di utamakan.

BACA JUGA :   Terima SK, DPD Sumsel Yayasan Derma Kasih Indonesia Ajak Semua Pihak Kejar Amal Dunia & Akhirat

“Selama ini mengurus murid SMP, saat ini mengurus masyarakat dan Kepala Desa se Kecamatan, sehingga diperlukan waktu yang banyak untuk beradaptasi,” ujar Sekertaris Trisula Edison Huri. (*)

Related posts

PLTS Irigasi Bukit Asam (PTBA) Dukung Pertanian Berkelanjutan

Rus Tandi

Antar Anak Yatim belanja, Slamet Ariyadi di Sanjung Warga “Nemoh Tak Kerah Nemmoh”

Rus Tandi

Tokoh Dunia Apresiasi Kapolda Sumut Tertibkan Jalan SM Raja Amplas Kota Medan

Rus Tandi

Leave a Comment

error: Content is protected !!
google.com, pub-6212553396691355, DIRECT, f08c47fec0942fa0