Koran Parlemen
WISATA

Irdam I/BB Beserta Keluarga Kunjungi Museum TB Silalahi Center

Bagikan:

Koranparlemen.com | Balige – Mengisi waktu libur bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan berwisata ke museum.

Hal ini pula yang dilakukan Irdam I/BB Brigjen Boni Christian Pardede SE beserta keluarga mengunjungi Museum TB Silalahi Center yang berlokasi di Jalan Dr TB Silalahi No 88, Silalahi Pagar Batu, Balige Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Minggu (16/01/2022) sekira pukul 10.30 Wib

Kunjungan wisata Irdam I/BB di dampingi oleh Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf K Napitupulu, Danramil 17/Balige Kapten Arh Poltak Pardede, Sub Denpom Balige Kapten CPM Patar Sibuea bersama Koramil 17/Balige.

Komplek Museum TB Silalahi Center berlokasi di Jalan Pagar Batu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Di dalam Kawasan ini terdapat 3 museum yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan, seperti Museum TB Silalahi, Museum Batak, dan Huta Batak

Dilokasi, Kunjungan Wisata Irdam I/BB Brigjen Boni Christian Pardede SE beserta keluarga disambut dan dipandu staf pegawai pengelola Museum TB Silalahi Center untuk berkeliling di seputaran gedung museum dengan memberikan penjelasan- penjelasan akan barang-barang pusaka yang bersejarah dengan bernuansa Batak jaman dahulu.

Selain itu, dalam kunjungan tersebut juga diberi pengetahuan asal-usul bangsa Batak beserta pembagian suku-suku yang tergabung di dalamnya.

“Ini sebagai bentuk pembelajaran seni budaya dan sejarah nenek moyang dengan mengimplementasikan akan cinta budaya Indonesia,” ungkap Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf K Napitupulu.

Sementara itu, saat kunjungan wisata Irdam I/BB Brigjen Boni Christian Pardede SE beserta keluarga dengan dipandu staf pegawai pengelola Museum TB Silalahi Center ke Museum TB Silalahi Center menjelaskan bahwa Suku Batak terdiri dari enam puak (sub etnis), yaitu Batak Toba, Batak Angkola, Batak Mandailing, Batak Karo, Batak Pakpak dan Batak Simalungun. Keenamnya memiliki kekhasannya masing – masing, bahkan dari segi bahasa.

BACA JUGA :   Polres Labuhanbatu Ungkap Dan Musnahkan 45 Kg Sabu Selamatkan Anak Bangsa 450.000 Jiwa

Perkembangan dunia informasi memungkinkan beragam pendapat dilontarkan mengenai budaya Batak. Hal ini rentan memicu perpecahan bagi persatuan keluarga besar masyarakat Batak.

Dalam museum ini dapat kita kenali segala perbedaan, kekhususan keenam puak Batak tersebut dan juga benang merah filosofi Dalihan Na Tolu yang menyatukannya sebagai identitas Batak.

Selain itu dapat kita lihat juga berbagai peninggalan kuno Batak dari beragam puak Batak, mulai dari kehidupan spiritualnya hingga ke benda – benda yang digunakan sehari – hari. Sifat magis dan kentalnya filosofi hidup Batak bisa kita lihat dalam koleksi Museum Batak.

Menanggapi Kunjungan wisata Irdam I/BB beserta keluarga tentang keberadaan museum tersebut, TB Silalahi Center menyampaikan terima kasih atas kunjungan bapak Irdam I/BB Brigjen Boni Christian Pardede SE beserta keluarga ke tempat miliknya.

“Terima-kasih Pak Irdam I/BB sudah menyempatkan waktu singgah di museum kami.” ( DNM / RED )

Related posts

Karawang,” Wisata Pantai Sedari di Serbu Pengunjung Lokal,”

Redaksi

Dua Warga Cilograng Terseret Arus Pantai Ciantir Sawarna , Satu Hilang Masih Dalam Pencarian

Redaksi

Destinasi Wisata Batu Karas dan Ciwidey Ditutup Sementara

Redaksi

Leave a Comment

error: Content is protected !!