Koran Parlemen
DAERAH NASIONAL ZONA BIROKRASI

Kepala Desa Awoni Lauso, Ingatkan Perangkat Desanya Agar Mematuhi Peraturan Masuk Jam Kantor

Bagikan:

Koranparlemen.com | Nias – perangkat desa awaoni kurangnya aktif dalam mematuhi masuk jam Kantor tampa mempedomani peraturan bupati Nias nomor 72 tahun 2021 tentang kode etik perangkat desa kabupaten Nias, dan instruksi bupati Nias nomor 140/1775/DPMD/2021. Hal ini masih belum sepenuhnya dilaksanakan oleh perangkat desa, di kantor desa awoni lauso.

Dalama pantauan awak media, atas informasi dari tokoh masyarakat awoni lauso yang tak mau disebut namanya dalam sahutnya, “kami sebagai masyarakat sangat menyayangkan sikap kedisiplinan perangkat desa yang tidak patuh dan mengindahkan peraturan bupati Nias maupun instruksi bupati Nias yg telah di tetapkan.
kami sebagai masyarakat desa awoni Lauso menilai perangkat desa awoni lauso ini hanya tau menerima gaji, tetapi tanggung jawab tidak di jalankan sepenuhnya atau dilaksanakan kewajibannya sebagai perangkat desa, termasuk pada jam kantor yang sudah ditentukan oleh pimpinan daerah kabupaten Nias tidak mereka patuhi aturan tersebut.
Setahu kami masyarakat. lebih jujur kepala desa datang duluan pada masuk jam kantor dari pada perangkat desanya”.

Sebagai awak media memastikan apakah benar atau tidak atas penyampaian informasi masyarakat desa awaoni lauso. Awak media datang langsung di kantor desa bersama ketua BPD Awoni lauso untuk konfirmasi kepada pimpinan desa. Saat itu juga langsung kepala desa menerima awak media dengan sapaan yang ramah pada (jumat 13/05/2022).

Kepala desa awoni lauso atas nama Bohouni Halawa ungkapnya kepada awak media, “terimakasih pak atas kedatangan bapak di desa kami, inilah keadaan lingkup pemerintahan desa awoni lauso. Saya sebagai kepala desa awoni lauso menyampaikan bahwa saya telah menerangkan yang namanya peraturan bupati Nias untuk di pedomani dan di jalankan sesuai sumpah janji perangkat desa awoni lauso, tetapi masih ada pak yang suka arogansi perangkat desa tidak mematuhi aturan instruksi bupati Nias, dan saya sudah beberapa kali menegur secara lisan tetapi masih tidak di indahkan.

BACA JUGA :   Realisasi Pembagian Beras PPKM Dari Bulog di Kecamatan Cijaku Berjalan Lanca

Lanjut kades lagi, “inilah buktinya pak seorang sekdes awaoni lauso saja masih jam 09:26 menit pada pagi hari ini baru nonggol dari depan kantor, padahal sering saya ingatkan agar masuk jam kantor agar tepat pada waktu yang sudah ditentukan.
Saya sebagai kepala desa awoni lauso akan segera menurunkan surat peringatan pertama (SP1) , bila tidak diindahkan lagi seterusnya akan segera saya susul surat kedua sampai ketiga. Agar hal ini perangkat desa awoni lauso displin dan patuh dalam aturan bupati Nias. Dan bersih dari korupsi waktu, tutupnya.

Selaku ketua BPD awoni lauso Yulianus Ndruru menyampaikan kepada awak media dalam tuturnya, “inilah yang sering bolos dalam waktu jam kantor seakan akan ini lebih tinggi pangkatnya dari pimpinannya ibarat (Negara dalam Negara) tidak patuh pada aturan. Bahkan saya sering monitoring tiap hari kehadiran bapak ibu perangkat desa awoni lauso di kantor desa ini, dan sering saya ketahui bolos dalam waktu masuk jam kantor termasuk sekdes awoni lauso ini.

Lanjut tegasnya ketua BPD, “saya sebagai ketua BPD mendukung kepala desa Awoni lauso dalam menjalankan roda peraturan bupati Nias untuk kedisiplinan dan kesejahteraan masyarakat Awoni lauso tandasnya.

Ditempat yang sama awak media, konfirmasi kepada Temazisokhi Halawa sebagai jabatan sekretaris desa awoni lauso tentang bolos dirinya waktu masuk jam kantor. ucapnya, “saya sebagai sekretaris desa pak banyak yang saya selesaikan tugas, seperti ini hari ada gotong royong di dusun 1V(empat) dan sehingga saat itu tadi singgah sebentar untuk mengontrol mereka. Dan hari-hari yang lalu yang keseringan saya terlambat datang di kantor ini karena ada sebagian masyarakat datang dirumah untuk minta bantu menyelesaikan surat surat mereka, dan selebihnya karena saya sering terlambat bangun karena mengiput data SDGS desa awoni lauso karena larut malam saya selesaikan tutupnya.

BACA JUGA :   LSM BAKORNAS Bantu Masyarakat Yang Sulit Mendapatkan PKH di Dinsos Kota Gunungsitoli

Selain itu awak media mencoba meminta tanggapan dan petunjuk tentang bolos nya perangkat/sekdes desa awoni lauso, kepada wakil bupati Nias, namun hingga berita ini di terbitkan belum ada jawaban yang pasti.(Zebua)

Related posts

Ridwan Kamil: Kebebasan Pers Adalah Fundamental Demokrasi

Sendi Eka Kurniawan

TP.PKK Tanjung Enim Selatan Adakan Lomba Tumpeng Sekaligus Launching Koperasi Serasan TES dan Warung UP2K

Santri Sitorus

Kepala Desa Tanjung kurung Dadang//di dampingi ibu PKK Tenti.Salurkan Dana Bantuan BLT DD.

Santri Sitorus

Leave a Comment

error: Content is protected !!