Koran Parlemen
NASIONAL ZONA BIROKRASI

Ketua Bakornas Sulsel Soroti Kinerja Pengawas Proyek

Bagikan:

Koranparlemen.com | Watansoppeng, Sulsel – PROYEK Adalah sebuah pekerjaan yang sumber dananya berasal dari pemerintah, baik pusat maupun daerah berupa Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota) yang dilelang kepada rekanan (Kontraktor) dan mempunyai tenggang waktu tertentu masa kontraknya.

Proyek diadakan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan dan membuahkan hasil atau manfaat (output) untuk kepentingan publik.

Namun terkadang dalam proses pekerjaan di lapangan sering terjadi pelanggaran oleh pelaksana proyek diduga untuk memperkaya diri sendiri, sehingga hasilnya tidak sesuai ekspektasi masyarakat umum, sebagaimana yang terjadi terhadap pengerjaan Jalan Kayangan menuju Bila Tungke, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) sesuai hasil pantauan awak Koranparlemen.com, pada Senin (23/05).

Terkait hal tersebut, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Badan Anti Korupsi Nasional (LSM-DPD Bakornas) Sulsel, Rusmin menyoroti kinerja pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Konsultan Pengawas, dan tim pelaksana kegiatan lapangan yang diduga tidak mengontrol pekerjaan yang dilakukan pihak pelaksana proyek (Rekanan).

Hal ini patut dipertanyakan. Kemana dan apa yang dilakukan pengguna proyek, dalam hal ini PPK, Konsultan, dan panitia proyek?

Hasil investigasi Rusmin menemukan, adanya keganjalan dalam fisik proyek, terutama adanya dugaan pengangkangan bestek dan spesifikasi.

“Kalau begini caranya pihak proyek bekerja bisa-bisa amburadul, menghabiskan saja anggaran milyaran rupiah, inipun belum termasuk masalah bahan dan campuran takarannya baru tahap teknik pekerjaan sudah beberapa kejanggalan yang kami temukan di lapangan,” ungkap Rusmin.

Rusmin kembali menambahkan, pihaknya tidak akan diam tetap akan aktif mengontrol terus perkejaan tersebut sampai tuntas. “Kami akan tetap kontrol dan mengawasi pekerjaan tersebut sampai tuntas,” janji Rusmin.
Sumber (DPD Bakornas Sulsel)

BACA JUGA :   Jelang Liga 1, Kapolda Sulsel Tinjau Langsung Kesiapan Stadion Gelora BJ Habibie

Related posts

Sambut Kunjungan Perdana Menteri Australia Jajaran TNI KOREM 061/SK Gelar Apel Pasukan Pengamanan

Daniel Manurung

Evi Ferilina Susanti, S.E., M.M. Kadis Damkar Empat Lawang Turun Ke Lokasi Kebakaran Dan Memberikan Himbauan Ke Masyarakat

Daniel Manurung

Sekretaris DPD LSM Bakornas Sumsel Bersama Dinas Sosial. Eka Agustin, S. Sos. MM Perjuangkan Keluarga Tidak Mampun Untuk Biayai Rawat Inap RSUD Di Empat Lawang.

Daniel Manurung

Leave a Comment

error: Content is protected !!
google.com, pub-6212553396691355, DIRECT, f08c47fec0942fa0