Koran Parlemen
NASIONAL

Polres Toba Bersama Pemkab dan Instansi Terkait Ikuti Penandatanganan Serentak SK FLLAJ

Bagikan:

Koranparlemen.com | TOBA – Polres Toba bersama Pemkab Toba dan Instansi terkait ikuti Kegiatan Penandatanganan Serentak Surat Keputusan Forum Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan secara Zoom Meeting di Ruangan Kapolres Toba Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Kamis (30/5/2024) sekira pukul 11.00 Wib

Acara ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut, Irjend Pol Agung Setya Imam Effendi S.H., S.I.K., M.Si,

Pada kesempatan itu, Dirlantas Polda Sumut KBP Muji Ediyanto SH, S.I.K M.A.P memaparkan tentang menjelaskan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan diatur dalam UU nomor 22 tahun 2009 dan di jabarkan dalam Peraturan Pemerintah ( PP ) Nomor 37 tahun 2021, saat ini ada 6 ( enam ) satuan wilayah ( Polres ) yang sudah memiliki FLLAJ, memiliki anggaran dan akan melaksanakan penandatanganan SK FLLAJ diantaranya: Polres Langkat, Polres Padang Lawas, Polres Labuhanbatu Selatan, Polres Nias Selatan, Polres Serdang Bedagai dan Polres Pakpak Bharat.

Banyak permasalahan di bidang Lalu Lintas baik di jalan Raya dan jalan perkotaan diantaranya Angkutan umum yang belum laik jalan, kondisi jalan yang rusak, penggunaan kenderaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan trotoar yang di gunakan pejalan kaki di gunakan untuk berjualan serta anak – anak di bawah umur pengemudi sp. Motor, sebut KBP Muji Ediyanto

Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.I.K., S.H., M.H menyebutkan forum ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya kepolisian saja namun pemerintah daerah berperan serta mendukung pembangunan infrastruktur jalan, di tinjau dari hasil yang di dapat melalui pajak kenderaan dan telah dibagi ke daerah itu sendiri sangatlah besar dan bermanfaat untuk kita tata kelola moda transportasi dan kita tuangkan dalam peraturan pemerintah dan untuk mewujudkan itu pemerintah harus aktif., tegas Kapoldasu

BACA JUGA :   Visit The Best Tourist Spots In Toba Regency

Kapolda Sumut Irjend Pol Agung Setya Imam Effendi dalam arahannya menekankan pentingnya menata moda transportasi di jalan raya secara terstruktur melalui pembentukan forum ini.

“Forum ini adalah sarana komunikasi untuk mengambil keputusan demi lalu lintas yang tertata dengan baik. Nyawa adalah yang paling utama, jangan sampai meningkat korban kecelakaan. Kita harus sadar dengan penuh tanggungjawab untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ucap Kapolda Sumut.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan Skep Forum LLAJ Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara yang berjalan aman dan lancar.

Usai mengikuti acara penandatanganan tersebut, Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya SH, S.I.K meminta masukan dan tanggapan dari para peserta zoom

Masukan dan tanggapan dari para peserta menuturkan lokasi titik rawan laka dan penggunaan rambu di lokasi rawan laka, Pajak Kendaraan, angkutan lokal yang membawa penumpang sekolah, penggunaan CCTV di beberapa titik. Namun beberapa persoalan tersebut mengalami kendala penanganan karena sejumlah titik jalan rawan laka-lantas merupakan jalan Provinsi dan jalan nasional.

Kapolres mengajak mari kita cari bersama sama terobosan dan ide. Jangan kita bicarakan jalan itu kewenangan provinsi, kewenangan balai. Kalau begitu nanti kita hanya surati, bersurat, surat-suratan. Jadi yang kita pikirkan saat ini adalah terobosan.

Misalnya di Jalan By Pass Balige, di sana ada banyak persimpangan, maka kita buat polisi tidur di jalan kabupatennya, jangan di jalan By Pass nya,” kata Kapolres Toba.

“Saya enggak bilang kalau bersurat itu tidak efektif, itu juga bagian dari upaya. Tetapikan masyarakat butuh cepat,” lanjutnya.

Mari kita Pedomani apa yang menjadi Arahan dari Bapak Kapolda Sumut dan bekerja sama dalam mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, terang Kapolres

BACA JUGA :   Diduga Lakukan Investasi Bodong, Dirut PT TFORCE INDONESIA JAYA Dilaporkan Para Korban Melalui Dhipa Adista Justicia Lawfirm

Dan menjaga arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Toba agar tetap aman dan kondusif. ungkap Kapolres

Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Drs Augus Sitorus juga menyampaikan bahwa persoalan lalu lintas di wilayah Kabupaten Toba tidak melulu soal kecelakaan, namun juga soal kemacetan yang diakibatkan oleh parkir sembarang dan faktor lainnya.

“Dishub lakukan inventarisasi penyebab laka-lantas di By Pass misalnya, atau di pusat Kota Balige saat hari Jumat. Baru kemudian lewat forum ini kita sama-sama carikan solusi apa yang bisa kita lakukan,” ujarnya.

Selain itu, Sekda juga menyarankan agar Dinas Perhubungan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar para pelajar lebih tertib dalam berlalu lintas.

Turut hadir dalam zoom Penandatanganan Serentak Surat Keputusan Forum Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan di Polres Toba Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya SH, S.I.K, Sekda Kabupaten Toba Drs Augus Sitorus, Kasat Lantas Polres Toba Iptu Nanang Kusumo, Kabid Lalu Lintas dan Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Toba Rudi Manik, Kabid PIKP Diskominfo Toba Rikardo Simamora, Pemerhati Lalu Lintas Kabupaten Toba Daniel Roymanto Manurung, Ketua Organda Kabupaten Toba Bapak Poyo, Ps. Kaurmintu AIPDA Roy Pasaribu, Ps. Kanit Turjawali Polres Toba BRIPKA Pelita Butarbutar, Ps. Kanit Kamsel Polres Toba BRIPKA Johanes Sembiring, Ps. Kanit Laka Polres Toba BRIPKA Robinson Aritonang, PUTR Kabupaten Toba Seksianton Hutabarat, Personil Satlantas Polres Toba dan Personil Dinas Perhubungan Kabupaten Toba. ( DNM )

Related posts

Cabup dan Cawabup Muara Enim Jalur Independen Mengaktivasi Akun SILON KADA Rangkaian Pemenuhan Persyaratan Dukungan

Rus Tandi

Laksamana TNI (P) Tedjo Edhi Purdjiatno Dijadwalkan Pimpin Peresmian Kantor Hukum DAJ Cabang Naglik Surabaya

Rus Tandi

Polres Muara Enim Melakukan Pengamanan Dan Pengawalan Arak – Arakan Piala Adipura Kabupaten Muara Enim 2024

Rus Tandi

Leave a Comment

error: Content is protected !!
google.com, pub-6212553396691355, DIRECT, f08c47fec0942fa0