Koran Parlemen
BIROKRASI NASIONAL

Kumpulkan Menteri, Presiden Jokowi Gelar Rapat Terkait Antisipasi Dampak Geopolitik Pasca Serangan Iran Terhadap Israel

Bagikan:

Koran Parlemen | Jakarta – Presiden Joko Widodo mengadakan rapat terbatas (ratas) internal di Istana Kepresidenan, Jakarta, untuk membahas dampak geopolitik usai serangan drone Iran terhadap Israel pada akhir pekan lalu.

Ratas yang digelar pada Selasa (16/4/2024) itu merupakan yang pertama kali dilakukan usai cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah.

Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, ratas internal membahas sejumlah hal soal situasi di Timur Tengah.

“Kita dalam rapat tadi ada beberapa hal yang dibahas, terkait dengan masalah geopolitik. Pertama, kita khawatir melihat perkembangan situasi di Timur Tengah. Dan kita yakin bahwa eskalasi tidak akan membawa manfaat bagi siapa pun,” ujar Retno usia ratas kepada wartawan.

“Oleh karena itu, upaya diplomatik perlu dilakukan oleh semua pihak, termasuk oleh Indonesia. Di dalam kaitan ini, saya melakukan komunikasi baik melalui telepon, exchanges of messages, dan sebagainya dengan Menlu Iran, dengan Menlu Saudi Arabia, Yordania, Mesir, Uni Emirat Arab, Uni Eropa, Jerman, Belanda, dan juga dengan Wakil Menlu Amerika Serikat (AS),” jelasnya

Retno juga mengungkapkan, Presiden Jokowi memberikan arahan khusus kepada jajarannya terkait dengan ketegangan antara Iran dan Israel.

Pertama, Presiden Jokowi meminta agar terus dilakukan upaya diplomasi agar pihak-pihak terkait bisa sama-sama menahan diri untuk menghindari eskalasi yang lebih besar.

Presiden mengingatkan, eskalasi tidak akan membawa manfaat bagi siapa pun.

Retno melanjutkan, saat ini masing-masing pihak, baik Israel, Iran, maupun negara-negara lain sudah mulai menghitung dampak jika ketegangan militer terus dilanjutkan, baik dari sisi ekonomi maupun geopolitik.

“Masing-masing pihak sudah mulai menghitung jika terjadi eskalasi maka dampaknya seperti apa terhadap masing-masing negara. Baik harga minyak, harga kebutuhan yang lain, maupun nilai tukar dollar dan sebagainya, dan sebagainya,” kata Retno.

BACA JUGA :   Asisten Pemerintahan dan Kesra Lepas Keberangkatan Kafilah Muara Enim Ke Muba Ikuti MTQ Provinsi Sumsel XXX

Ia pun menambahkan, sejauh ini para warga negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah Timur Tengah dalam kondisi aman. Pemerintah Indonesia terus melakukan pemantauan setiap harinya.

“WNI sejauh ini alhamdulillah dalam keadaan baik. Dalam artian tidak terdampak situasi yang ada. Kita terus melakukan pantauan dari dekat dan hampir setiap hari Kemenlu mengadakan rapat secara virtual dengan KBRI-KBRI di wilayah-wilayah yang kira-kira terdapat ekskalasi,” ungkapnya.

“Termasuk contingence plan sudah kita buat. Jadi untuk KBRI-KBRI itulah yang kita lakukan sampai saat ini. Insya Allah mudah-mudahan WNI kita dalam keadaan sehat,” tambah Retno.

Adapun rapat pada Selasa juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur BI Perry Warjiyo, dan Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Ratusan drone dan rudal milik Iran diluncurkan untuk menyerang wilayah Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam waktu setempat.

Serangan drone dan rudal tersebut merupakan serangan yang belum tidak pernah terjadi dalam konflik berkepanjangan di Timur Tengah sejak Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023.

Serangan Iran terhadap Israel merupakan serangan balasan atas aksi penyerangan terhadap konsulat Iran di Damaskus pada Senin (1/4/2024) sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Saat itu, pesawat tempur Israel menyasar gedung Konsulat Iran yang berada di Distrik Mezzeh barat, Damaskus, dari arah Dataran Tinggi Golan.

Misil Israel itu menghancurkan gedung dan menewaskan seorang jenderal penting di Garda Revolusi Iran (IRGC) Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan beberapa perwira lainnya, seperti dikutip Telegraph.

Akibat serangan itu, Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, bersumpah akan membalas aksi tersebut. (Red)

Related posts

Ops Lilin Toba Berakhir, Polres Toba Laksanakan KRYD Antisipasi Arus Balik Nataru

Rus Tandi

PT. Bukit Asam Ucapkan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024 Kepada IJLK

Rus Tandi

Komandan Kodim 0404 / Muara Enim, Letkol Inf Nugraha, TMMD Salah Satu Bentuk Pengabdian TNI Untuk Negeri

Rus Tandi

Leave a Comment

error: Content is protected !!
google.com, pub-6212553396691355, DIRECT, f08c47fec0942fa0